https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN METODE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 1 KUWARASAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | Utami | SURYA BAHTERA

PENINGKATAN MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN METODE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 1 KUWARASAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Suci Utami, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode NHT dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri I Kuwarasan tahun pelajaran 2013/2014; (2) pengaruh penggunaan metode NHT terhadap aktivitas dan minat dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri I Kuwarasan tahun pelajaran 2013/2014; (3) peningkatan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri I Kuwarasan tahun pelajaran 2013/2014 setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode NHT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri atas kemampuan menulis pantun dari tahap prasiklus sampai siklus II. Teknik nontes terdiri atas observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini (1) penerapan pembelajaran keterampilan menulis pantun menggunakan metode NHT untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dilakukan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Secara umum langkah-langkah pembelajaran menulis pantun metode pembelajaran NHT adalah (a) penomoran, (b) pemberian tugas, (c) berpikir bersama, dan (d) pemberian jawaban; (2) hasil angket tanggapan siswa setelah pembelajaran menulis pantun dengan metode NHT diketahui jawaban paling dominan setuju, yaitu dengan skor 96,12%; (3) pembelajaran dengan menggunakan metode NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kuwarasan. Nilai rata-rata prasiklus 58,56, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,43 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,34.
Kata kunci: menulis, pantun, metode NHT (Numbered Heads Together).

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.